Home News Contact About

Kamis, 22 Oktober 2015

Manfaat Media Sosial yang Harus Kita Tahu

Anda seorang pengguna media sosial? Memiliki banyak akun di berbagai produk media sosial? Bagaimana anda menggunakan akun-akun media sosial anda itu? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu akan sangat mudah untuk anda jawab namun jawaban anda akan sama dengan jawaban kebanyakan orang lainnya. Oleh karena itu saya mencoba menulis tentang manfaat media sosial yang harus kita tahu, agar waktu yang kita gunakan untuk bermain media sosial tidak terbuang begitu saja. Berikut beberapa dari sekian banyak manfaat media sosial:

Media sosial memungkinkan pengguna berbagi informasi secara cepat
Sekarang ini adalah era informasi dan era digital, teknologi digital memberi ruang pada informasi untuk bergerak secepat dan seleluasa mungkin. Apa saja yang terjadi, dalam hitungan detik, akan tersebar dengan cepat dan sporadis sehingga menjangkau jutaan orang berkat adanya media sosial. Berkat media sosial kita dapat mengetahui apa saja peristiwa yang terjadi di belahan bumi manapun. Nah, jika anda punya informasi yang perlu diketahui orang banyak jangan lupa untuk membagikannya ya.

Membuat semua orang terhubung
Media sosial memungkinkan setiap penggunanya terhubung dengan pengguna lainnya. Dengan berbagai fitur komunikasi pengguna dapat berbicara, berbagi, berdiskusi, berpartisipasi tanpa harus pusing soal jarak yang memisahkan kita berdua. Dengan kata lain media sosial dapat memperpendek jarak, mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

Database atau penyimpan data sosial
Media sosial memungkinkan pengguna untuk bisa mencari informasi tentang seseorang atau kelompok. Kebijakan mereka dalam meminta data personal pengguna menjadikan mereka database atau basis data sosial. Hal ini bisa memberi dampak positif dan negatif sehingga disarankan untuk tidak mencantumkan data anda sedetil mungkin di media sosial yang anda gunakan.

Sebagai perlawanan atas media mainstream
Dapat dikatakan industri media (pers) saat ini sudah tidak lagi berbentuk. Pers yang dulunya bertugas menyebarkan informasi dan memberi edukasi pada masyarakat sekarang seolah lupa dengan jati dirinya. Media sudah menjadi tunggangan oleh kepentingan-kepentingan lain, seperti kepentingan politik. Media, dalam hal ini media mainstream, sudah bukan lagi mencerdaskan malah membingungkan bahkan membodohi masyarakat. Keberadaan media sosial menjadi kekuatan tersendiri bagi masyarakat untuk bersuara dan menyampaikan kebenaran yang menyebar secara viral.

Sebagai sarana untuk melakukan branding
Media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk penokohan atau biasa disebut dengan branding. Menokohkan diri anda atau produk. Jaringan yang dibangun di media sosial akan menjadi objek yang bagus untuk mempromosikan keahlian anda atau mungkin juga bisnis anda.

Sebagai sarana untuk mempengaruhi opini publik
Terakhir, dengan media sosial orang-orang bisa melakukan kegiatan leading opinion atau mengarahkan opini publik dengan konten-konten yang dipublikasikan, baik itu konten yang valid ataupun tidak.

Dari uraian mengenai manfaat media sosial di atas semoga pengetahuan kita bisa bertambah dan bisa lebih bijak menggunakan media sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar