Home News Contact About

Kamis, 22 Oktober 2015

Pengertian Media Sosial, Jenis serta Fungsi

Ketika pertama kali anda mendengar frasa media sosial apakah yang anda pikirkan? Barangkali anda akan berpikir apa itu pengertian media sosial, apa saja jenis serta apa fungsi atau kegunaan dari media sosial tersebut. Setiap netizen pasti pernah bertanya-tanya soal itu. Tiga pertanyaan tersebut menjadi latar belakang mengapa blog ini dibuat, yaitu untuk berbagi dengan anda, memahami media sosial lebih dalam sehingga kita tidak cuma bisa menggunakannya. Maka, jika anda adalah orang yang tertarik untuk mengetahui seluk-beluk media sosial anda sudah berada pada tempat yang tepat. Silakan klik tanda bintang pada browser anda (bookmark) atau ingat-ingatlah alamat blog ini untuk kunjungan-kunjungan selanjutnya.

Pengertian media sosial secara umum
Secara sederhana, kita dapat mengartikan media sosial sebagai media online di mana setiap penggunanya bisa dengan mudah berkomunikasi, berpartisipasi, berbagi dan menciptakan konten atau isi yang meliputi blog/website, forum, wiki, jejaring sosial dan virtual world atau dunia virtual. Media sosial itu sangat luas dan tidak terbatas pada Facebook, Twitter, Blog, Wiki saja namun yang disebutkan tadi adalah media sosial yang paling umum digunakan oleh netizen (pengguna internet) di seluruh dunia.

Pengertian media sosial menurut para ahli
Dua orang ahli yaitu Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mengartikan media sosial sebagai sebuah kelompok kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 serta memungkinkan terjadinya penciptaan dan perkutaran konten yang dibuat oleh pengguna.

Jenis-jenis media sosial
Sebagaimana yang saya katakan sebelumnya, media sosial tidak terpaku pada media-media yang sering atau lumrah digunakan. Lebih jauh, media sosial dapat dibagi menjadi beberapa jenis, sebagai berikut:

  • Proyek kolaborasi atau kroyokan, yaitu website yang dikerjakan secara bersama oleh pengguna yang dapat mendaftar seperi wikipedia dan beberapa situs multi user.
  • Blog atau micro blogging, yaitu media untuk mengepresikan atau berbagi sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan oleh user, contohnya adalah blogger, wordpress, twitter dan lainnya.
  • Website konten, yaitu website di mana pengguna dapat membagikan hal secara bebas seperti video, gambar, lagu, buku dan lain sebagainya, contohnya Youtube, Photobucket, dll
  • Situs jejaring sosial, yaitu situs yang mengizinkan pengguna untuk memasukkan data pribadi dan terhubung dengan pengguna lainnya. Yang satu ini anda pasti sudah sangat akrab bukan.
  • Virtual world atau dunia virtual, yaitu dunia virtual di mana pengguna dapat membuat karakter/avatar dan berinteraksi dengan pengguna lain melalui karakter mereka. Game online atau virtual game dan virtual social termasuk dalam kategori ini.
Fungsi dari media sosial
Secara umum media sosial memiliki fungsi menghubungkan user melalui jaringan internet agar mereka dapat bersosial, berinteraksi dengan orang lain, menemukan seseorang dan segala macamnya yang mengantarkan kita pada kesimpulan bahwa media sosial ada sebagai media sosialisasi bagi pengguna.

Nah, setelah mengetahui pengertian media sosial, jenis serta fungsinya tentu saja itu belum cukup untuk memahami media ini apalagi untuk mencoba mengoptimalisasi atau menghasilkan uang dari media sosial. Saya sarankan untuk membaca artikel-artikel lainnya. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar