Home News Contact About

Senin, 26 Oktober 2015

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan modern. Tidak ada hari tanpa media sosial selama kamu terkoneksi dengan internet. Media sosial seperti mata pisau, ia memberi dampak sebagaimana orang yang menggunakannya. Oleh karena itu, kamu perlu tahu apa saja dampak positif dan negatif dari media sosial agar kamu tidak terjebak dan bisa memanfaatkan media sosial sebaik mungkin.

Dampak positif dari media sosial
  1. Untuk mendekatkan jarak, menemukan keluarga, sahabat, relasi yang sudah lama tidak bertemu atau sudah tidak satu daerah. Keberadaan media sosial membantu kamu berhubungan dengan orang di manapun dia berada.
  2. Media penyebaran informasi yang up to date dan cepat. Media sosial kerap menjadi sarana untuk berbagi informasi hanya dalam tempo yang singkat setelah suatu peristiwa terjadi. Media sosial membuat setiap orang menjadi media.
  3. Memperluas jaringan pertemanan. Dengan media sosial kita dapat berhubungan dengan siapa saja dan di mana saja, sehingga memungkinkan kita menjalin pertemanan dengan orang lain di manapun mereka berada.
  4. Media komunikasi antar pengguna. Dalam media sosial pengguna bisa berkomunikasi dengan orang lain, berdiskusi dalam forum atau grup.
  5. Media pertukaran data antar pengguna karena dalam media sosial sangat mungkin untuk membagikan dokumen dan lainnya.
  6. Media promosi bisnis yang mudah digunakan dan tanpa mengeluarkan banyak biaya.
Dampak negatif dari media sosial
  1. Terbiasa berkomunikasi dengan media sosial seseorang akan canggung ketika berinteraksi secara nyata, dengan kata lain media sosial dapat berdampak pada jiwa sosial seseorang.Dapat menimbulkan sifat egois pada diri pengguna karena menghabiskan waktunya dengan internet dan ketergantungan dengan gadget.
  2. Tertinggal dan terlupakannya bahasa formal karena pengguna media sosial cenderung menggunakan bahasa informal dalam kesehariannya.
  3. Membuat lalai, keseringan menggunakan media sosial akan berdampak pada malasnya seseorang mengerjakan hal lain atau mengganggu pekerjaan utama mereka sehingga produktifitas mereka menurun.
  4. Berkurangnya privasi pribadi. Tanpa kita sadari kita telah membagikan hal-hal pribadi di media sosial yang kita gunakan.
  5. Peluang kejahatan dunia maya. Sudah banyak kasus tentang penipuan, penculikan dan lainnya yang menggunakan perantara media sosial, sehingga sebagai pengguna kamu harus hati-hati.
  6. Penyebaran informasi buruk seperti pornografi dan lainnya karena kebebasan pengguna dalam menggunakan media sosial.
Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, media sosial ibarat mata pisau, jika kita gunakan secara bijak maka akan mendatangkan dampak positif namun jika kita gunakan secara tidak bijak akan menghadirkan dampak negatif. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan media sosial apalagi setelah kamu mengetahui dampak positif dan negatif dari media sosial itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar